Kamis, 18 Desember 2014

2 Kampung Sunda yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Siapa yang tak mengenal Kota Bogor? Kota yang selama ini ditengarai sebagai penyebab banjir Ibukota ini, nyatanya banyak dipilih wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama sanak keluarga tercinta. Tentunya, tak afdol jika mengunjungi kota ini hanya untuk menikmati kesejukan udara atau sibuk mencari bermacam kuliner unik dan lezat. Cobalah sesekali melihat sisi lain wisata budaya lokal setempat yang telah dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat.

Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata budaya di Kota Bogor. Tentunya tempat tersebut akan memberikan banyak pembelajaran berarti bagi siapa saja yang berkunjung. Rencanakanlah perjalanan Anda ke kota berlambang Kujang ini. Selain untuk melakukan wisata budaya dan mengenal kearifan budaya khas Sunda, Anda juga akan merasakan udara yang masih cukup sejuk dibandingkan Jakarta.

Perjalanan wisata menuju Kota Hujan ini dapat menggunakan jalur udara agar lebih mudah dan tidak memerlukan waktu lama bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek. Kali ini Anda dapat dengan mudah memesan tiket melalui travel agent Traveloka.com karena sederhana dan tidak sulit untuk menggunakan fitur-fiturnya. Anda bisa mencari dan membandingkan tiket dari berbagai maskapai nasional, seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, AirAsia, dan lain-lain. Hal ini akan mempermudah penerbangan Anda menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta.

Panasnya Jakarta akan terbalas ketika Anda telah berada di Kota Bogor yang dapat ditempuh dengan menggunakan bus Damri langsung dari bandara. Beberapa tempat wisata budaya yang menarik di Bogor dapat Anda temukan di kampung budaya yang menampilkan budaya khas Sunda. Sedikitnya Bogor memiliki dua tempat wisata budaya yang wajib dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yakni:

Kampung Urug



Pernah mendengar kisah seorang raja yang arif dan bijaksana dari Kerajaan Pajajaran? Jika jawabannya ya, pasti Anda mengetahui sosok Sri Baduga Maharaja Ratu Aji Pakuan Pajajaran atau yang dikenal dengan Prabu Siliwangi. Di tangan raja yang memerintah selama 39 tahun (1482-1521) ini telah mengantarkan Kerajaan Pajajaran pada puncak kejayaan Nusantara.

Ya, konon warga Kampung Urug yang berada di Desa Kiara Pandak, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, merupakan keturunan Prabu Siliwangi. Berdasarkan pengakuan warga setempat, kala itu ada seorang ahli yang pernah memeriksa kontruksi bangunan berupa rumah tradisional yang banyak terdapat di Kampung Urug. Dari penelitian tersebut, pihaknya menemukan kesamaan sambungan kayu yang terdapat pada salah satu bangunan di Cirebon yang merupakan sisa peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Selain mengenal sejarah Kerajaan Pajajaran, masyarakat Kampung Urug sendiri sering mengadakan berbagai upacara keagaamaan. Salah satunya upacara Seren Taun yang merupakan upacara panen hasil bumi sebagai wujud rasa syukur atas rezeki pertanian yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Upacara tersebut biasanya dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharam.

Kampung Budaya Sindang Barang



Serupa dengan Kampung Urug, kampung budaya ini juga memiliki banyak bangunan tradisional khas tatar Sunda yang dilengkapi dengan lumbung padi. Tak hanya bangunan, di sana juga terlihat kegiatan menanam padi (nandur). Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang ini berada di Jalan E Sumawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Tempat ini menyajikan delapan macam kesenian Sunda, seperti pencak silat dan angklung gubrak.

Selain pentas seni, di sini Anda juga dapat melihat warga setempat memainkan permainan tradisional, berupa egrang yang menjadi salah satu permainan favorit dulu. Tentunya memainkan alat yang terdiri dari papan kayu panjang tidaklah mudah. Setidaknya dibutuhkan keseimbangan kaki kita untuk menggerakan ke depan. Tak sekadar menyajikan segala macam pentas seni dan permainan, Kampung Sunda Sindang Barang juga terdapat situs-situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran, misalnya bukit berundak yang bisa dilihat ketika melakukan penjelajahan melewati sungai dan sawah.

Dengan mengunjungi kampung budaya tersebut, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang luar biasa atas kearifan lokal dari Indonesia yang kaya akan warisan budaya. Tak salah kiranya Bogor menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di akhir pekan Anda. Jika mempunyai waktu lebih, tak ada salahnya memelajari kearifan lokal masyarakat setempat.

Penulis: A-16/AB - Beritasatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar