Rabu, 08 Oktober 2014

Batu Cermin, Gua Ajaib Dari Labuan Bajo

Labuan Bajo - Labuan Bajo di Flores, NTT menjadi kota perhentian traveler yang ingin menjelajah Taman Nasional Komodo. Tapi jangan salah, Labuan Bajo juga punya tempat wisata. Gua Batu Cermin adalah bukti keajaiban alam di Flores.

Gua Batu Cermin terletak di Wae Sambi, Labuan Bajo, Flores, NTT. Gua ini menjadi destinasi wisata alam sekaligus sejarah favorit karena lokasinya tak jauh dari keramaian.


Di sinilah, traveler bisa menemukan bukti Labuan Bajo yang berada di bawah laut ribuan tahun silam. Berbekal helm dan senter, traveler bisa masuk gua tentunya dengan bantuan guide.



Lanskap di sekitar Gua Batu Cermin didominasi bebatuan karang. Ini adalah bukti pertama Labuan Bajo dulu berada di bawah laut.


Gua ini dinamakan 'Batu Cermin' karena di dalamnya terdapat batu-batu mirip kristal. Di satu bagian gua yang terdapat lubang di bagian atas, air menggenang saat musim hujan. Air tersebut menggenang di dasar gua, kemudian memantulkan cahaya matahari ke bebatuan tersebut.


Cekungan di langit-langit gua ini menjadi bukti kedua Labuan Bajo pernah ada di bawah laut. Ini adalah bekas pusaran air karena arus kencang di dalam gua.


Bukti ketiga adalah terdapatnya fosil hewan laut. Selain fosil penyu di dalam gua, ada pula fosil ikan di dinding luar gua .


Lanskap di sekitar Gua Batu Cermin sangat cantik. Selain batu-batu karang, terdapat juga pohon-pohon dengan akar raksasa.

Bersumber dari : Sri Anindiati Nursastri - detikTravel





Tidak ada komentar:

Posting Komentar